Senin, 14 Oktober 2013

Manusia Setengah Salmon

Minggu pagi itu gue memutuskan untuk pergi ke sebuah gereja yang letaknya jauh dari tempat kos2an gue. Jalanan gak serame biasanya, dan panas sinar matahari masih bersahabat .

Rencananya setelah pulang gereja gue akan mampir kerumah temen kuliah jaman dulu. Dari gerejapun masi jauh sebenernya…. tapi gak apa lah, sesekali pergi jauh asik.

Jam masi menunjukkan pukul Sembilan pagi, tetapi area gereja uda rame banget. Setelah motor diparkir sebuah sms menggetarkan saku celana gue.

            “Eh…ndra nanti kamu jadi kerumah aku?” tanya temen gue.

Namanya Sumachi (sebut saja seperti itu). Bisa dibilang temen yang paling deket semasa kuliah.

“Yah jadi lah…ini gue uda turun…habis ibadahnya selesai langsung deh ke rumah yey…” somehow perasaan mulai gak enak.

“Duh sorry Ndra, aku lupa klo ada janji jam 11 ini..klo km jam 12an gmn kerumahku?”

Nah iya kan firasat gue bener. “BENJUTTTTDAHH…tega bener lu, salah apa gue sama elu??? Uda jauh2 turun juga…” bales gue.

Berhubung uda turun jauh2 terpaksa deh gue iya in aja requestnya.

Ibadah selesai pukul setengah sebelas, sekarang gue kebingungan mau ngabisin sisa waktu 1,5jam ini dimana.

Mungkin waktu telah berubah tapi tempat tongkrongan gue jaman kuliah masi berdiri hingga sekarang. “Gramedia…”

Sambil mrenges gue langsung melenggang menuju sebuah toko buku yang buat gue uda kaya perpustakaan daerah. Bayangin di gramed semua buku baru memiliki
sampel yang bisa kita baca tanpa membeli hoho (jiwa mahasiswa bokek gue kembali).

Udara waktu itu mulai memanas then Teh tongji gue percaya untuk menurunkannya. Habis lumayan seger langsung aja masuk kesana.

Entah uda berapa lama gak masuk kesana. Waktu kuliah klo ada waktu luang panjang yang kosong sering banget gue habisin disana. Bayangin tempatnya berAC lalu banyak buku2 bertebaran dimana2 untuk mengusir kebosanan. Perfect place buat gue pribadi.




Mata gue berbinar melihat tumpukan buku2 disana, “U can read them all..if u can”. Asal kuat berdiri kita bisa baca 2-3 buku sampe selesai dengan modal bayar parkir doang haha. Untung gak semua orang di dunia kaya gue, bisa pailit Gramed.

Pertama gue liat2 muterin semua rak buku. Lalu mulai membaca n dengan cepat tertambat di bagian komik seperti biasa. Gue yang hobi gambar emk lebih tertarik ama komik ketimbang buku2 yang full tulisan. Gambar emk slalu lebih menarik (pendapat pribadi).

Ketika itu gue baca kisah petualangan 3orang kakek2 yang berlibur ke Singapore. Kocak. Gue jadi inget waktu ke Singapore, gak kalah udik dibanding ketiga kakek itu. 


Sedang enak membaca, tiba-tiba gue merasa kehilangan harga diri ketika memandangi sekitar. Pengunjung yang lain waktu itu bacanya tentang buku2 bisnis, ada juga buku motivator atau buku pengetahuan. Sedangkan gue megangnya buku bergambar, komik, buku komedi sama buku ‘kumpulan kata2 gombal populer’. Najis bgt gue.

“Ah jaman sekarang entertaiment emk kudu yang menarik n lucu” ngeles gue dalem ati.

Seperti manusia yang hidup nomaden gue mulai berpindah2. Setelah kebagian komik gue pindah lagi ke bagian ilmu computer. Secara gue lulusan jurusan computer gituu. Beberapa lembar script coding gue bolak balik dan gak lama kemudian kepala mulai godek2 sendiri pening. “Amit-amit deh ketemu koding lagi” gue tutup bukunya dan kembali berpindah.

Akhirnya gue mendarat di sebuah rak yang berisi novel2 lokal. Kebanyakan rak yang gue jambangin isinya novel komedi. Dan klo uda kaya gitu pasti lu dengan gampang bisa nemuin beberapa novel n komiknya si ‘Kambing Jantan’ atau Radithtya Dika.



Babi ngesot, Radikus Makan Kakus, Cinta Brontosaurus, Marmut Merah Jambu, uda lama banget klo inget terakhir gue baca ini . Semua covernya uda pada baru, beda banget ama cover pertama dulu. Gue balik beberapa halaman sepertinya ada sedikit tambahan cerita n ilustrasi komik. Mungkin Teknik marketing kali ya. Bukunya raditya dika juga uda dicetak berkali2 n kebanyakan best seller.


“Manusia Setengah Salmon…” alis gue naik sebelah waktu baca ini judul.

Dari covernya juga ajaib ya. Gambarnya si penulis Dika mangap dengan mulut bentuk O, Close up …so u can watch his face so big. N diwajahnya ada semacam panu …oh bukan ternyata sisik ikan. Lalu judul buku di bagian paling bawah dengan font kaya di film horror jaman dulu.

Mungkin Klo elo gak kenal siapa si penulis maka elo akan mikir kalau buku ini bercerita  tentang seorang anak terkutuk yang lahir dari rahim Ibunya dengan sisik ikan di badan. Dan akhirya mati di bakar orang se kampung karena dikira babi ngepet.
Manusia Setengah Salmon mungkin satu2nya novel karangan si Dika yg belum gue baca walopun uda hampir 2 tahun terbit (klo gak salah).

Mata gue berkeliling di sekitar rak, beberapa kali gue jongkok n berdiri mencari MSS yang uda kebuka. “Wih kog gak ada ya”.

Buku terbitan yang lain uda ada samplenya semua buat di baca tapi beneran kagak ada yang MSS. Untuk ngisi waktu gue mulai buka2 lagi novel Dika yang lain. Walaupun uda pernah gue baca tetapi banyak cerita yang lupa.

Di sekitar rak buku yang gue tongkrongin sekarang cukup banyak orang yang baca juga. Sebagian besar ce abg beberapa diantaranya bawa pacar. Gue nyempil di tengah2.


“Kheeeee…khiiiiii….iiiii…iiii” Suara gue nahan ketawa.

Dunno why yah, tiap kali gue baca novel karangannya pasti ketawa gak berhenti2, sesekali juga mpe hampir nangis. Rasanya semua tulisannya tervisualisasi dengan sempurna di kepala gue.

Pernah dulu waktu kuliah malem2 baca juga di gramed (gak beli hehe…) sambil duduk di kursi yang disediakan. Beberapa gramed memang kadang memberikan Satu kursi untuk duduk, walopun pasti rebutan ama pengunjung yang lain. Waktu itu berdua ama temen gue.


Hampir aja gue koprol kebelakang n guling2 di gramed gara2 nahan ketawa. Kebiasaan gue klo uda ketawa mpe stadium akhir adalah dengan meliak-liuk (itu kata yang paling pas mendiscribsikan gue). Mata sedikit berair, wajah merah padam (kaya orang ngeden), mulut meletup2, idung mulai bengek dan kaki biasanya mulai bergerak2 sendiri. Dan temen gue langsung menjauh dari gue.

Dan terjadi lagi sekarang. Orang2 disekitar gue mulai ngelirik kearah gue. Gue cekikikan kaya kuntilanak. Sesekali mulut gue tutup pake tangan tapi tetep aja gak ngepek.

“Kayanya emk gak cocok klo gue baca novel ini ditempat umum”segera saja gue tutup bukunya untuk mencegah hal2 yang tidak dinginkan seperti gue dikroyok seluruh pengunjung gramed karena berisik misalnya.

            Saku celana gue kembali bergetar , “pasti sms sumachi”.
            “Eh ndra gue uda dirumah nih” isi pesan sms itu.
            “Oke gue kesana sekarang “ bales gue singkat.

Bergegas gue turun dan meninggalkan Gramed dengan segera. Saking tergesa-gesanya gue lupa ambil ‘Manusia Setangah Salmon’.

Hari itu berakhir dan beberapa hari kemudian gue nitip temen yang kebetulan juga akan ke gramed buat ngisi jam kosong kuliah. “Oke aku nitip ya ‘Manusia setengah Salmon’, covernya freak2 kaya film horror jadul pokoknya”.

Hasilnya bisa ditebak, Gue cekikikan dikantor. Temen2 gue Cuma heran sambil memandangi gue meliak liuk di kursi.


Isinya cukup bagus, menghibur, lucu ceritanya. Diawali dengan aib Ayahnya yang suka kentut dan kegalauan pemuda jomblo yang lain. Not Bad. Dibanding filmnya novel2 si Dika jauh lebih oke.

Kata-kata yang paling mengena buat gue  “Salah satu penyebab seseorang masih jomblo: cintanya habis di mantannya.” (hal 207)

Cinta itu ibarat investasi mungkin ya. Lu Invest banyak bgt ama org yang lu taksir. Kalo berhasil maka lu akan untung banyak n jadi konglomerat. Tapi kalo gagal …lu bangkrut n gak bisa bangkit lagi.

Tidak ada komentar: