Sabtu, 19 Oktober 2013

HARI LIBUR = HOLYDAY



Minggu ini ada libur panjang di Idul adha. Dimulai hari Selasa dan tambahan di hari senin sebelumnya sebagai cuti bersama. Klo kantor elo libur hari sabtu maka akan terasa longweek end banget. Banget.

“Ow Yeah Libur empat hari.. keren”
“Ini liburnya panjang banget, Camping asik banget”
“Bisa Maen sepuasnya …YEAH!!!

Semua temen gue girang melompat saking senengnya. Dengan muka datar setengah bingung gue menatap kegirangan mereka.

“Liburan gue musti ngapain ya?” pikir gua.

Jombloer tingkat kabupaten kaya gue ini paling kenceng kalo liburan keluar Cuma paling
isi bensin atau beli pulsa. Kalo enggak habis beli pulsa atau bensin gw ketilang polisi.tragis..
Sabtunya gue awalin pergi kondangan temen yang merit lalu lanjut kumpul2 bentar ama temen2 kuliah.

Minggunya gua balik ke kampung halaman. Mending gue nganggur di rumah dari pada di kos haha… mengenaskan…

Sesampenya di kampung langsung temen gw Polo (sebut saja seperti itu) ngajakin gw pergi bareng ke gereja. Dengan tenaga seadanya gua iyain aja, capek banget mudik.

Temen gw Polo ini sekarang kerja di perusahaan terbesar se Indonesia (sorry gak sebut merek). Kerjanya juga pindah2 sampe keluar pulau n sekarang lagi balik liburan di rumah yang kebetulan emk satu kota ama gue.

“Liburan lama gini enaknya ngapain ya?” tanya Polo yang terbaring aduhai di kamar gue. Sebenernya dia juga setipe ama gue, klo libur bingung mau ngapain, jombloer juga tapi gak homo untungnya.

Tanpa ia sadari sebenarnya Polo temen gw telah melakukan kesalahan besar dengan bertanya pertanyaan seperti itu ama orang model gue. Bisa jawab apa gue coba.
Gue ngerti klo Polo hopeless banget, gue sebagai temen kudu ngasi jawaban yang bener2 bisa jadi sebuah pemecahan dari kebuntuan ini. Gue merem sambil mengernyitkan dahi. Mikir kenceng banget, segala keintelekan yang tertanam di otak ini gue explore sampe muntah.

Gue diem, gak bisa ngasi jawaban.

Mungkin klo ada kontest ‘Orang Paling Enggak Asik Sejagad’ uda di pastikan gue bakal juara, trus saking berbakatnya gue akhirnya mewakili Indonesia sampe Keluar angkasa dengan ending dapet piala kalpataru. Sukses.

Setelah Polo sadar kalo gue ‘Orang Paling Enggak Asik Sejagad’, dia pulang. Gue merem n bobo buat mengakhiri hari minggu itu.

Tidur subuh bangun siang “Kayanya Insomia gue kambuh lagi”. Insomia adalah penyekit populer yang menyerang sebagian besar anak kuliah dan karyawan, Gue salah satunya. Gejala awalnya susah bobo klo belum subuh, kalo uda akut gak bisa bobo kalau belum jam kerja :p.

“Panas banget hari ini” sambil meneguk segelas teh..
“Fufufiuttttttt” bukan suara kentut loh, itu suara pesan Line yang masuk.
“Ndra bsk jam 11 ngumpul lagi yuk?” isi pesan Meli(sebut saja begitu).
“Gue mudik mel…maap” jawab gue. Meli salah satu temen kuliah gw yang kemarin juga ikut kumpul2 sehabis kondangan.

Entah kenapa gue merasa di kondisikan untuk jarang ngumpul. Hidup di Ujung kota dan orang perantauan. Males , Panas n Jarak bikin gw susah buat kemana-mana, kebanyakan si malesnya hehe. Klo ngak penting banget biasanya gue tolak ajakan mereka… sory pren!!!.

Senin makin memanas, gua copot dah baju gue seharian. Keringat mengalir luar biasa. Panasnya gak wajar!.. gila!.. dan sudah jelas pasti akan berakhir dengan hujan. Gue duduk sambil mangap keatas untuk mengurangi hawa panas, entah kenapa tiba2 keinget cara reptil mengurangi panas dipadang gurun. Sudah jelas, gak berhasil BEGO!!.

“Gerimis NDRA!!” teriak Nyokap sambil ngambilin jemuran.

Cepet-cepet gue benerin mulut yang masih mangap lalu berlari buat neduhin motor kalau kalau tiba2 hujan deras.

Gerimis uda berhenti n panasnya lanjut “Fiuhhhhh”.

Malamnya adek gue minta tolong buat gambarin tugas sekolah tentang ekstrakulikulernya. Gambar adalah satu2nya hal terbaek yang bisa gw lakuin.

Jadi keinget kalau dulu juga pernah ada anak kelas 3 SMP mo ujian minta gue ajarin Matematika, hasilnya gue cm diam sambil keringetan n mata melotot2 kaya orang keracunan. Saat itu beneran pengen mati aja bok…tengsin abeeessss.

“Ya uda mana bukunya, biar gue gambarin, kamu belajar dulu sana sama mama” kata Gue ke Imoto adek gue. Langsung aja adek gue melenggang keluar kamar buat belajar bareng ama nyokap.

Adek gue walopun uda 1 smp masi aja diajarin nyokap. Tau sendiri kalo gak di paksa belajar gak bakal ada yang namanya nyentuh buku pelajaran.

Waktu kecil klo gak salah, SMP gue mulai belajar sendiri, tapi mungkin lebih tepatnya gak diajarin ama Nyokap haha… Waktu itu Nyokap dilarang Bokap buat ngajarin pelajaran. Soalnya Nyokap klo ngajarin pelajaran uda kaya militer XD, Gue masi inget Cici gue diajarin jam 5 subuh. Dengan wajah mo nangis campur ngantuk Cici gue jawab satu persatu pertanyaan nyokap seputar pelajaran.

Bisa dibilang gue bebas n banyak mainnya waktu smp. Alhasil nilai gue jeblok dan prestasi sekolah yang sama skali gak menonjol. Beda ama Cici gue yang selalu dapet ranking.
Pensil mulai gue gariskan kekertas putih ukuran A3. Sesekali gue ngintip dari jendela kamar. Gue liat adek gue yang diajari nyokap, banyak ketawanya n kadang nyokap mulai ngamuk kalo adek gw mulai tidur atau pura sibuk waktu diajari haha.

Bokap gue tertidur seperti biasa didepan televisi yang masih menyala.

Habis Cici gue nikah, rumah ini akan terisi hanya 4 orang. Bokap, Nyokap, Gue dan Imoto adek gw. Dan suasananya akan kurang lebih sama seperti malam ini.
Gue jadi berpikir, Apa yang bisa gue lakuin buat keluarga gue kelak.

Buat gue secara pribadi tampaknya gak gampang untuk membentuk sebuah keluarga. Apalagi orang tua dengan tanggung jawab yang besar. Harus bisa menjaga satu sama lain, Harus bisa mengarahkan anak2nya ke jalan yang benar, Harus selalu sehat supaya bisa bekerja n gak ngabisin tabungan keluarga, harus bisa melihat pemecahan masalah di situasi genting.

Banyak kewajiban yang harus di penuhi dalam sebuah keluarga. Walaupun posisi gue sekarang masih sebagai anak tapi gue merasa kalau gue memiliki tanggung jawab yang lebih pada keluarga gue sekarang. Bisa dibilang juga gue mudik kali ini buat mastiin di rumah baek baek aja. Klo Cici keluar kota lama gue jadi merasa khawatir dengan keadaan rumah somehow.

Liburan ini gue gak kemana2 seperti biasa. N kebanyakan molornya.

“Tumben liburan gak kemana2?”tanya nyokap.
“Mo kemana coba….” Jawab gue.

Gambar uda selesai dan aktivitas gue lanjutkan dengan terbaring di atas kasur. Molor lagi.
Walaupun liburan kali ini berakhir tawar seperti biasanya, gue bisa melakukan hal yang berguna. Apa itu? 

Tidak ada komentar: