Selasa, 12 November 2013

Hyouka : review film



Setelah pekerjaan sedikit lengang gue memutuskan untuk menyelesaikan film yang telah lama tertunda untuk di tuntaskan, yap seri anime.


Hyouka

Seperti yang gue ceritain kemaren kalo gue ngefans banget ama Kyoto Animation sebuah studio animasi yang ada di jepang dimana telah mencetak banyak anime bagus dengan visualisasi yang wow. Hyouka juga merupakan salah satu karyanya di tahun 2012.

Bercerita tentang sekumpulan siswa yang berjumlah 4 orang di sebuah klub sastra yang anggotanya kritis (sepintas mirip K-on). Mungkin hampir dibilang mreka gak mengerjakan apa2 sisana, tetapi kejadian serunya malah menyelidiki kasus2 disekolah. Ternyata anime satu ini bisa dikategorikan sebagai film misteri detektif seperti ‘Detektif conan’, tapi kasusnya bukan lah pembunuhan melainkan hal2 (yang agak sepele) di sekitar dan ringan untuk di tonton.


Klo buat gue pribadi nonton ini awalnya Boring, setelah episode pertama langsung berhenti berbulan2 gak nonton haha. Tetapi setelah berjalan ternyata asik juga ceritanya. Gue kenalin karakter utamanya ya.

Chitanda Eru

Siswi yang polos tetapi memiliki nilai akademik yang bagus. Dengan background dari kluarga terpandang, Chitanda harus bisa membawa nama baik keluarga. Bisa dilihat dari tutur berbicara dan sikapnya yang sangat sopan (walopun dengan adat jepang). Ciri khasnya adalah kedua bolamata berwarna ungu yang akan bersinar terang kalau sedang penasaran sambil berkata “Wathasi Kinimarimas!!”(itupun klo gue bener nulisnya XD). Chitanda yang memiliki rasa penasaran tinggi membawa kelompoknya menelusuri kasus yang belum terpecahkan. Walopun unyu2 gt dia menjabat sebagai ketua Klub Sastra.

Oreki Hotaro

Siswa yang memiliki moto penghematan energi secara luar biasa ini paling malas melakukan hal capek dan merepotkan. Alasannya masuk klub sastra juga karena supaya bisa menghemat tenaga, mememang cocok untuknya. Dengan wajah yang ketus tanpa expresi, Oreki ternyata memiliki kemampuan analisa detektif yang sangat baik. Banyak kasus yang ia pecahkan di film ini, itupun Oreki lakukan karena di paksa oleh Chitanda.

Satoshi Fukube

Teman dekat Oreki selama di smp ini juga berada dalam klub sastra. Orangnya periang dan semangat diibaratkan sepeti mawar merah berwarna, kebalikannya Oreki yang abu2 tak bersemangat. Dalam hal memecahkan kasus Fukube lebih banyak bertugas dalam hal database, yaitu menyediakan data untuk diambil hipotesa. Walaupun penuh senyum ternyata si Fukube ingin mengalahkan Oreki dalam hal memecahkan kasus.

Mayaka Ibara

Temen Oreki waktu smp juga. Kecil dan galak, dekat dengan Fukube yang ternyata menyimpan cerita cinta suit…suit…Mungkin perannya di serial Hyouka sebagai penguat cerita dan penyeimbang. Siswi yang gemar menggambar manga ini berada pada klub sastra dan manga. Entah gimana ceritanya bisa berada di 2 klub :/


Ceritanya bagus ternyata, layak di tonton. Cuma yang disayangkan oleh para fans film ini adalah tidak adanya cerita cinta yang terjalin antara Oreki dan Chitanda. Gue sebagai penonton juga sedikit berikir sama, tapi menurut gue mungkin emk bagus seperti itu. Ngambang. Siapa tau emk disiapkan untuk season 3 nya.


Tapi entah bener atau tidak sepertinya si Oreki ini ada sedikit perasaan dengan Chitanda. Dibeberapa episode ada adegan si Oreki yang malu2 kucing sama terkesima beberapa kali dengan Chitanda. Apalagi pas di episode awal, adegan Oreki terjerat rambut chitanda emk rancu banget, seperti menjelaskan bahwa Oreki tak mampu melepaskan diri dari Chitanda. Yah…who know lah

.
Seperti biasa Kyoto Animation selalu berhasil menciptakan karakter yang moe2, dan dari gerakan animasinya luar biasa mnrt saia walopun 2d. Untuk Visualisasinya oke sekali warna2 juga luar biasa, art abesss.. Bagaimana untuk Audionya? Tak perlu diragukan lagi. Background music film ini sangat oke, karena pakai orkhestra biola2 gt keren menyayat. Nih lihat pembuatannya ketika biki BGM adegan yang rada serem2..musiknya juga rada gorror tapi keren haha

 Dari segi manapun emk film ini dibuat secara bagus dan matang.

Klo ada kesempatan tonton aja deh J
Sekian review film dari gue….
Bye

Tidak ada komentar: