Selasa, 11 Maret 2014

Tips belanja Online

Kemarin gue melakukan transsaksi online dengan nominal terbesar gue selama ini kepada seorang yang blum gue kenal. Dikirim foto beserta video dari barang tersebut, setelah yakin akhirnya uangpun gue transfer. N kepanikan terjadi.

Memang ni orang slow respone, habis gue transfer sms gak di bales, whatsapp di abaikan. Nominal yang besar bikin gue panik sumprit dah. Telp aja dueh n kepanikan menjadi2 karena ketika di telf yang terdengan adalah suara operator "Nomor yang anda hubungi sedang tidak aktif" JRENGGGGGG!!.

Gue rebahan di lantai sambil meratapi bodohnya diri ini karena terlalu kalap .

Oke akan gue jelasin kenapa gue berani transfer ke orang yang belum gue kenal:
1. Dia sudah memberikan foto dan video dari barang tersebut (lebih amannya mintalah sang seller untuk memfoto barang dengan tulisan handmade dikertas nama anda)

2.Lihat id n history sepak terjang sang seller (seperti testimonial atau berapa banyak barang yang pernah ia jual dan umur dari id seller itu). Berhati2 klo id si seller masi newbie atau akun baru dibuat. Hindari transaksi dengan anak2 (SMP SD).

3.Nama rekening sesuai dengan namanya (Biasanya penipu pkerekening dengan nama yang berbeda dengan alasan rekening istri kerabat atau sodara)

4.Kalau ragu mintalah recomended temen tentang seller

5.Untuk lebih aman pakailah Rek ber yg terpercaya( jujur aye juga lum pernah pke ni Rekber)

lima hal di atas adalah step yang sering gue lakuin n sampe sekarang lum pernah kena tipu (Thx God).

Gelagat aneh penipu yang patut di waspadai:
1. Tiba2 barang dikirim padahal belum di bayar, lalu memaksa kita untuk segera transfer (itu patut dicurigai)

2. Contak2an lewat email doang beserta kirim foto barang lewat email.

3.Kata2  WYSWYG (what you see what you get) ,kadang ada seller yang menutupi sesuatu dengan status barang di atas. Intinya liat foto ini aja untuk kondisi barang (padahal kadang gak sesimple itu)



Semua uda gue lakuin tapi skrg gue terkapar di lantai tak berdaya mengingat nominal uang yang besar lenyap T_T. Gak lama kemudian ada pesan masuk balesan dari si seller "Iya gan tenang aja bsk pasti dikirim ".

Gue bangun dan sembah sujud haha. Itu adalah pengalaman beli Online yang paling mendebarkan XD. Emk klo dipiki2 saya salah juga soalnya kalap n terlalu gelap mata.

Bsk harinya saya cari info ama temen tentang seller itu (padahal uda di transfer malah baru cari info...jgn di tiru ya). Ternyata recomended seller...Yooookaaataaaaaaa(syukurlah).

Akhirnya barang dikirm... n wat? ada bbrp kondisi barang yang tidak di paparkan (kampret jg) dengan alasan gak tau apa2 atau uda dapet dari sananya (walah). Akhirnya si seller sedikit ganti rugi. Yo wes lah yang penting barang dikirim aye uda seneng banget.

Oke sekian tips n cerita singkat pengalaman pribadi saya transaksi online :)
be smart buyer.

Tidak ada komentar: