Rabu, 21 Oktober 2015

Lensa Fix 50mm 1.8 vs Lensa Kit

ini memang perbandingan yang tak wajar... bahkan dengan mata tertutup kita pasti juga tahu kalo lensa fik 50mm yang jadi pemenangnya... tapi kalo belum nyoba sendiri dan merasakan kekuatannya bakal susah2 percaya... apalagi gw beranggapan kalo ps+lensa kit uda cukup... :3



lensa kit dibilang murah karena emk uda dpt dari bawaan waktu beli dlsr. Fiturnya pun memenuhi standart kebutuhan. Bisa Maju Bisa Mundur oke banget kalo dipake pemula kaya gw. Tapi semua berubah ketika malam tiba, bahkan ketika cahaya menjadi remang. (Remang disini bahkan ketika masuk ke mall disiang hari yang bisa dibilang terang tapi masi Remang kalo buat lensa kit). Untuk mengakali paling kenceng pake foto dengan speed yang rendah (3detik apa sedetik) ,nah tapi dengan cara itu orang2 bakal blur bingitz kalo gerak... kalo foto benda mati oke lah...


Oke kita tinggalkan dan langsung ke peforma lensa fix nikor 50mm dengan f 1.8. Lensa fix ini gampangnya di bilang lensa yang gak ada menu zoomnya wkwkw... tapi menawarkan bukaan diafragma (f) yang lebar. kalo lensa kit 5 (somehow kadang mpe 3,5). Intinya makin kecil angkanya maka bukaan semakin lebar, artinya semakin lebar maka semakin banyak cahaya yang masuk dan hasil foto semakin terang.. Langsung aja tanpa nasi basi kita bandingkan hasilnya



foto yang atas pake lensa fix dengan50mm f 1.8
dan yang bawah pke lensa kit 18-55 f5.0 standar bawaan kamera
kedua foto diambil dengan speed 1/50 (kalo gak salah inget)
kerasa banget nih yang kit pengen di lempar aja (lebay). hasil 50mm lebih terang dan jelas bahkan tentu saja bokeh(blur) yang dihasilkan sangat baik, dan mampu memisahkan objek foto dengan backgroundnya walopun deket.
“kali2 di photoshop hasilnya bikin 11 12 lah”
(kalo mau photoshop level dewa pasti bisa tapi akan take time bingitz, apa lagi kalo uda puluhan photo :3 modar)
dah hasilnya setelah di photoshop


hasil foto dibawah adalah hasil dari lensa kit yang sama seperti tadi hanya aja gw terangin di PS dengan level dan mencoba colour balance. Dan hasilnya tetep lah lensa fix 50 mm 1.8

menurut harga yang barusan gw tanyain lensa fix 50mm 1.8 berada diharga 1,4an dengan status AFD (gampangnya tanpa auto fokus) nah ini berat nih kalo gak ada auto fokusnya.
trus gw tanya” kalo yang ada auto fokusnya (AFS) brp gan?”
“2,7an” jawabnya singkat.
Mendengar jawaban itu gw nari pocong trus langsung salto keluar toko lalu kabur...
ya mengingat kamera nikon gw ga ada motornya , mau tak mau kudu ambil lensa yang bermotor (AFS )
“nah harganya kog setengah harga kamera “ pikir gw sambil makan ramen.
sambil menata kembali strategi buat beli gw share sedikit cerita gak jelas ini kepada para pembaca budiman yang lagi galau2 bokek kaya gw haha... sekian review sotoynya
kalo tidak ada salah2 kata maka pasti tidak mungkin haha...
bye :3

Tidak ada komentar: